Wednesday, November 26, 2008

Informasi di Wikipedia Bisa Bahayakan Kesehatan

Florida - Hampir segala macam informasi bisa ditelisik di situs ensiklopedi online, Wikipedia. Namun memang tak semua topik yang tersaji di Wikipedia akurat, misalnya saja informasi mengenai obat-obatan.

Bahkan, dilansir Reuters dan dikutip detikINET, Rabu (26/11/2008), mereka yang terlalu mempercayai Wikipedia sebagai panduan dalam mengkonsumsi obat, bisa terkena risiko kesehatan. Itulah yang terungkap dalam studi Dr Kevin Clauson, akademisi Nova Southeastern University, Amerika Serikat.

Dalam evaluasi terhadap entri di Wikipedia mengenai 80 jenis obat, Dr Kevin memang hanya menemukan beberapa kesalahan. Namun demikian, entri tersebut seringkali luput mencantumkan informasi yang sangat penting.

Misalnya saja ada obat yang bisa menyebabkan keguguran pada wanita hamil, namun informasi krusial ini tidak dicantumkan di Wikipedia. Dr Kevin menengarai produsen obat sengaja menghapus tulisan tertentu di Wikipedia yang dinilai bisa memperburuk citra obat mereka.

"Jika orang memakai Wikipedia sebagai sumber tanpa menghubungi pekerja kesehatan, hal buruk bisa terjadi," kata Dr. Kevin.

Studi ini dilakukan terkait makin banyaknya orang mencari informasi kesehatan di internet, khususnya di Wikipedia. Dr Kevin menyarankan agar pengakses tidak mempercayai Wikipedia begitu saja soal informasi obat-obatan melainkan membandingkannya dengan sumber lain.

Dikutip dari : http://www/detikinet.com

No comments:

Post a Comment